30 Oktober 2020

Kajian Online, Yuk Ikuti Kanal Youtube ini!

Kajian Online jadi solusi untuk kamu yang tidak dapat keluar rumah, atau sedang karantina mandiri akibat pandemi.

Kajian Online

Kajian Online jadi solusi untuk kamu yang tidak dapat keluar rumah, atau sedang karantina mandiri akibat pandemi. Sebenarnya sebelum pandemi pun, kajian online menjadi trend bagi umat Islam Urban yang tidak memiliki waktu banyak.

Sayapun sudah lama menjadi peserta kajian online di kanal-kanal youtube, akun twitter atau bahkan blog atau website atau singkatnya udah jadi santri online.

Lalu apa saja Channel Youtube yang sering saya ikuti kajiannya? Simak, ya.

Kajian Online Kanal Youtube Santri Gayeng

Daya tarik kanal youtube Santri Gayeng tentu saja Gus Baha. Saya sudah lama mendengarkan kajian Gus Baha. Kebetulan saya orang Tuban yang budaya dan bahasanya ya tidak beda jauh kalau nggak mau dibilang sama dengan Kragan tempat tinggalnya Gus Baha.

Kesamaan ini saya mendapatkan dua hal sekaligus, pertama dan paling utama tentu saja lautan ilmu dan hikmah Gus Baha yang sangat luas dan dalam. Mencerahkan sekaligus menenangkan. Kalau kata beberapa kiai, di tangan Gus Baha semua orang berpotensi masuk Surganya Allah. Aamiin.

Kedua saya bisa bernostalgia dengan masa kecil saya di Tuban.

Banyak Channel sebenernya yang menayangkan kajian online Gus Baha, namun yang memiliki arsip yang rapih hanya Santri Gayeng. Yuk Suskreb!

Kajian Online Channel Youtube Gus Mus

Selanjutnya masih berasal dari Pantura, saya suka mendengarkan kajian yang dibawakan oleh Gus Mus. Ulama Besar asal Rembang yang pernah menjabat sebagai Rais ‘Am Nahdlatul Ulama, Jabatan tertinggi di organisasi Islam Terbesar di Indonesia itu.

Channel Youtube Gus Mus bernama Gus Mus Channel. Channel Youtube ini tidak hanya menyiarkan kajian onlinenya Gus Mus sendiri, namun juga banyak dari Kiai lainnya, seperti KH Yahya Staquf, KH Bisri Adib Hattani dan lain-lain.

Saat Ramadan Channel Youtube Gus Mus juga menyiarkan Live Ngaji Pasanan. Yaitu kajian yang dilaksanakan selama bulan ramadan. Untuk kamu pecinta ilmu Islam sudah sepatutnya kamu mengikuti channel ini.

Channel TV 9 Nusantara

TV 9 Nusantara adalah siaran Televisi multiplatform yang dikelola oleh Pengurus Wilayah NU Jawa Timur. Channel TV ini memiliki banyak acara kajian yang harus kamu ikuti. Banyak juga format kajian, seperti Talkshow, Tabligh akbar, diskusi atau bahkan lomba-lomba islami yang penuh hikmah.

Di Youtube, TV 9 memiliki channel bernama TV9 Official. Narasumber ini juga ulama-ulama top, seperti Gus Nadir Hosen yang merupakan profesor di Monash University, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, Doktor jebolan Madinah yang saat ini menjadi Ketua Umum PBNU, Organisasi Islam terbesar di Indonesia. Dan lain sebagainya.

Channel Youtube Pondok Pesantren Lirboyo

Channel Resmi milik Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini sering live pengajian kitab kuning. Khususnya pada saat bulan Ramadan. Untuk kamu yang suka dengan pengajian kitab-kitab klasik, kamu harus mengikuti Channel Youtube resmi milik Pondok Pesantren Lirboyo ini.

Lirboyo adalah salah satu Pondok Pesantren tua di Indonesia. Sejarahnya sudah panjang membimbing umat Islam di Indonesia untuk menjadi umat Islam yang wasathi.

Saat ini Pondok Pesantren dipimpin oleh KH M Anwar Manshur

Kajian Online di NU Online

Udah banyak belum? Kayanya udah, ya? Sebenernya saya masih banyak juga stok kajian online yang sering saya ikuti. Tapi ini dulu aja lah, ya. Jika ada yang mau nambahin silakan ke kolom komentar.

Pamungkas dari saya yaitu NU Online. Dari namanya sudah jelas ini adalah channel yang dikelola oleh Tim NU Online. Channel sangat banyak menghadirkan kajian Ulama-ulama Top Level Dunia.

Kalau kamu suka dengan yang kelas-kelas Internasional ya Channel ini tempatnya, Kajian Online dengan Narasumber Level Dunia. Ndak perlu saya sebutkan lah, ya. Silakan yang mau Kajian Online.

Related articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *