30 Oktober 2020

Inspiratif! Pangkas Rambut di Tuban ini Gunakan APD Saat Bekerja

Tukang Pangkas Rambut adalah pekerjaan yang terdampak oleh kehadiran virus Corona di Indonesia.

Tukang Pangkas Rambut di Tuban Gunakan APD

Tukang Pangkas Rambut adalah pekerjaan yang terdampak oleh kehadiran virus Corona di Indonesia. Setelah diterapkannya Social Distancing banyak masyarakat yang menunda keperluan tidak mendesak. Ternyata pergi ke pangkas rambut merupakan salah satu yang ditunda oleh Masyarakat.

Di Televisi banyak artis dan pesohor yang posting pangkas rambut mandiri di rumah. Saya menjadi salah satu orang yang memotong rambut sendiri. Hehe. Ha gimana lagi saya berada di epicentrum penyebaran Covid19.

Beberapa waktu lalu, saya melihat ada postingan di Facebook. Ada seorang Tukang Pangkas Rambut di Tuban yang menggunakan APD saat melayani pelanggannya. Tidak hanya masker, Tukang Pangkas Rambut ini melengkapi dirinya dengan Face Shield yang biasa digunakan oleh Tenaga Kesehatan itu. Wah menarik juga batin saya.

Saya beruntung menemukan postingan tersebut. Karena beberapa waktu lalu, saya juga sudah memosting tulisan tentang panduan mempertahankan bisnis di saat wabah seperti ini. Dan ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan bisnis di tengah badai Corona.

Saya menghubungi Tukang Pangkas Rambut tersebut. Namanya Mas Aziir Saputra. Beliau tinggal di Merakurak. Saya menayampaikan niat saya untuk memosting tulisan tentang beliau. Ternyata beliau mengijinkan. Alhamdulillah.

Oiya tempat pangkas rambut keren ini bernama Sahabat Filza Style, alamatnya di Jalan Prof. Dr. KH. Fatkhurrohman Kafrawi Nomor 25 sebelah selatan Alfamart Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Silakan kalau yang mau mampir.

Mas Aziir mengungkapkan bahwa di pangkas rambutnya tidak hanya menggunakan APD tapi juga menerapkan protokol bagi pelanggan yang akan datang. Pertama pelanggan harus cuci tangan sebelum mulai menggunakan jasa Mas Aziir, kedua pelanggan harus menggunakan masker sesuai himbauan Pemerintah. Ketiga atau terakhir pelanggan dari luar kota untuk sementara tidak diperkenankan menggunakan layanan pangkas rambut ini.

Lalu saya penasaran dengan protokol seketat itu, gimana tanggapan pelanggan pangkas rambut Sahabat Filza Style. Jangan-jangan makin takut datang atau malah dicibir. Ternyata Mas Aziir cerita bahwa pelanggan makin percaya dengan standard kesehatan yang diterapkan.

“Ada yg menarik lagi saat motong anak-anak awalnya takut karena gak biasanya pakai APD. E besoknya minta antar ayahnya lagi padahal udah potong kemarin. Akirnya tak potong tapi gak kegunting. hahaha” Kata Mas Aziir dalam sesi Chatting dengan saya.

Dengan menggunakan APD seperti ini apakah tarif yang dikenakan naik atau tetap. Maz Aziir lagi-lagi menjawab bahwa tarifnya ya biasa saja, yaitu Pria Dewasa Rp 12.000,- lalu anak-anak dikenakan biaya Rp 10.000,- dan Wanita Dewasa Rp 15.000,-. Murah banget menurut saya. Ha di tempat saya Rp 25.000,- je. Haha.

Saya masih terus penasaran dengan cerita Mas Aziir yang menggunakan APD saat melayani pangkas rambut ini. Saya lanjutkan minta diceritakan APD-nya dapat dari mana, apakah membeli atau membuat khusus untuk pangkas rambut seperti dirinya. Ternyata beliau membuat sendiri masker dan Face Shieldnya. Sarung karetnya saja yang beli.

Saya mau mengakhiri percakapan saya dengan beliau tapi rasanya masih banyak yang perlu saya gali lagi untuk menginspirasi pembaca semua. Bahwa kita harus bertahan melawan Corona ini, bahwa kita harus terus berbenah dan berkembang agar terus eksis di segala keadaan.

Namun akhirnya saya menanyakan pertanyaan pamungkas saya. Apa sih motivasinya memakai APD ini, apakah hanya untuk gaya-gayaan atau apa. Hehe. Beliau kembali menjawab dengan bijak bahwa beliau menyadari risiko sebagai pangkas rambut yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, tentu harus melindungi dirinya sendiri dari penularan penyakit Corona yang sedang mewabah.

“Dari diri sendiri mas, karena tak pikir-pikir sebagai tukang cukur yang bersentuhan langsung seperti para medis di rumah sakit, mau gak mau saya harus pakai APD untuk menjaga diri dari penularan covid-19. Dan saya pakai APD ini juga untuk mencontoi (menginspirasi, Red) rekan-rekan potong rambut maupun barbershop di manaupun berada agar pakai APD tersebut.” Pungkas Mas Aziir mengakhiri obrolan kami.

Tetap semangat Mas Aziir dan Pangkas Rambut lainnya. Stay Safe gunakan APD seperti yang Mas Aziir lakukan. Untuk melindungi diri dan meraih kepercayaan dari pelanggan.

Related articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *