30 Oktober 2020

Tips New Normal Bagi Pekerja untuk Mencegah Corona

New Normal adalah cara hidup baru di tengah wabah Corona yang sampai saat ini masih terus berlangsung.

The New Normal, Ini tipsnya saat hal tersebut di terapkan.

New Normal adalah cara hidup baru di tengah wabah Corona yang sampai saat ini masih terus berlangsung. Corona mengakibatkan orang-orang tidak lagi dapat bersosialisasi . Padahal kodrat manusia adalah bersosialisasi dan berinteraksi. Lalu bagaimana Tips New Normal jika hal tersebut diberlakukan di daerah kamu?

Pemerintah sudah menerbitkan aturan tentang New Normal di tempat kerja tepatnya Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Nah kita sebagai pekerja, atau sebagai orang-orang yang bekerja apa tips new normal yang bisa kita lakukan, simak lanjutannya di bawah.

Tips new normal pertama, taati prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan

Pada Keputusan Menteri Kesehatan tentang Aturan New Normal, poin pertama yang disinggung adalah penetapan prosedur oleh Manajemen Perusahaan.

Manajemen dalam menetapkan prosedur juga harus memperhatikan aturan yang diterbitkan oleh Pemerintah dari segala level. Tentu saja juga harus melihat perkembangan virus Corona di lingkungan kantornya, di lingkungan tempat tinggal pekerja dan hal lainnya.

Jadi Kamu sebagai pekerja harus mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan oleh manajemen perusahan kamu. Supaya kita bisa tetap terus beraktivitas dan meningkatkan produktivitas kita semua. Janji, ya!

Cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, ini adalah tips new normal yang sudah dikampanyekan sejak Corona masuk ke Indonesia. Namun harus terus kamu terapkan ya. Ya salah satu normal baru ya ini sering-sering cuci tangan pakai sabun.

Udah nggak perlu rebutan Hand Sanitizer, kan yang digaungkan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kalaupun terpaksa menggunakan Hand Sanitizer, pastikan memiliki kandungan alkohol 70%.

Makan makanan bergizi seimbang dan gunakan alat makan pribadi

Makan makanan bergizi sebenarnya bukan tips yang baru. Harusnya dalam keadaan tidak ada Covid19 pun kita tetap memakan makanan bergizi seimbang. Makanan bergizi seimbang maksudnya adalah seluruh makanan di makan dengan porsi yang cukup tidak berlebihan untuk salah satu zat gizi atau seluruhnya. Intinya yang proporsional, ya.

Tips selanjutnya untuk melaksanakan new normal adalah makan dengan alat makan pribadi. Ini yang baru. Biasanya kita kan makan pakai sendok kantin, piring dari kantin dan lain-lain. Nah sekarang kita harus mulai membiasakan membawa peralatan makan sendiri.

Gunakan alat ibadah sendiri

Biasanya ketika di kantor atau di tempat umumnya lainnya, kamu sering mengandalkan peralatan ibadah seperti mukena dan sarung yang tersedia di Mushola atau Masjid kantor.

Mulai saat ini kamu harus menyediakan dan membawa sendiri peralatan ibadah kamu. Kan lebih nyaman juga kalau menggunakan peralatan ibadah sendiri, lebih terjamin kebersihannya. Kan kamu sendiri yang mencuci.

Tips new normal saat berangkat kerja

Upayakan kamu jangan gunakan kendaraan umum. Ketika sudah mengendarai kendaraan pribadi pun kamu harus tetap mengikuti peraturan yang ada misalnya 50% dari kapasitas kendaraan kamu dan gunakan masker, ya!

Jika kamu terpaksa gunakan kendaraan umum, kamu harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter, lalu upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum, dan gunakan Hand Sanitizer.

Jika menggunakan transportasi umum yang mewajibkan kita untuk menggunakan Helm, kamu harus bawa helm sendiri, pakai helm milikmu sendiri.

Upayakan gunakan pembayaran non tunai ya, kalau bisa yang non tunai berbasis aplikasi, kalau gunakan kartu ya upayakan jangan menempelkan terlalu dekat kartu uang elektronik kamu dengan readernya.

Nah ini yang paling penting, selama perjalanan jangan sentuh area wajah secara keseluruhan.

Tips new normal ketika sampai di kantor

Saat kamu sampai di kantor tips pertama adalah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Lalu gunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Lalu jangan menggerombol ketika di dalam lift, tetap jaga jarak dan berdiri dengan saling membelakangi.

Ketika sampai di meja kerja, bersihkan meja kerja dengan disinfektan. Upayakan tidak menyentuh fasilitas atau peralatan yang sering dipakai bersama oleh karyawan di area kerja.

Tetap jaga jarak minimal 1 meter dengan rekan kerja. Biasakan tidak berjabat tangan.

Tips new normal ketika sampai di rumah

Jangan bersentuhan dengan keluarga dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri. Mandi dan mengganti pakaian kerja. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen.

Jika dirasa perlu bersihkan Handphone, kacamata dan tas dengan disinfektan. Tentu saja disinfektan yang sesuai dengan aturan penggunaan, ya.

Olahraga, Berjemur dan Istirahat yang cukup

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, aktifitas fisik minimal 30 menit perhari, istirahat cukup dengan tidur minimal 7 jam, berjemur di pagi hari.

Hal di atas akan meningkatkan daya tahan tubuh kamu dari serangan virus atau penyakit lainnya.

Gunakan Masker

Gunakan masker untuk seluruh aktivitas dari mulai berangkat kerja, saat bekerja dan pulang bekerja. Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, maka robeklah masker tersebut sebelum dibuang di tempat sampah. Dengan begitu kamu sudah mencegah daur ulang masker.

Dan jika kamu menggunakan masker kain, segera cuci masker kamu ketika sampai di rumah dengan menggunakan deterjen. Ingat ya harus pakai deterjen.

Nah di atas adalah Tips saat new normal diberlakukan di daerah kamu. Jangan lupa tetap waspada tapi tetap tenang dan bahagia. Kita akan melalui ini semua dengan baik kok, asal kita kompak mengikuti setiap petunjuk yang diterbitkan oleh pemerintah. Stay Healthy, ya!

Related articles

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *